Perguruan Tinggi Pertama di Kolut : Institut Teknologi Dan Sains Muhammadiyah Kolaka Utara

Impian masyarakat Kabupaten Kolaka Utara akan kehadiran perguruan tinggi akhirnya terjawab dengan kehadiran Institut Teknologi Dan Sains (INTENS) Muhammadiyah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Institut Teknologi Dan Sains (INTENS) Muhammadiyah ini secara resmi diserahkan SK penyelenggaraan dari Mendikbud Ristek lewat Kepala LLDIKTI IX Sultan Batara, Drs Andi Lukman, M.Si kepada Ketua BPH INTENS Muhammadiyah Kolaka Utara, Prof Dr H. Anwar Hafid, M.Pd, Sabtu 5 Maret 2022 di Kota Lasusua Kolaka Utara.

intens kolaka utara

Sekretaris Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kolaka Utara, Alfiady Rasyid kepada media Ahad (6/3/2022) mengatakan, SK Pengelolaan INTENS Muhammadiyah Kolut sesuai SK Menristekdikti Nomor: 107/E/O/2022, tertanggal 21 Pebruari 2022.

Prosesi penyerahan SK bertempat di Hotel Utama Kota Lasusua, turut hadir menyaksikan Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar dan Sekertaris Daerah Kolaka Utara Dr. Taupiq. S, SP.MM, Para Pengurus PDM, PCM se-Kolut dan para undangan lainnya.

Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sultra Batara, Drs Andi Lukman M.Si, pada sambutan penyerahan SK mengucapkan selamat kepada penyelenggara dan pengelola INTENS Muhammadiyah Kolut yang telah mendapatkan SK Penyelenggaran.

Andi Lukman berharap INTENS Muhammadiyah Kolut ke depan dapat menjadi besar dan pilihan utama bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi, dan sekaligus jadi lumbung ilmu bagi masyarakat Kolut. Andi Lukman juga mengapresiasi semua tim pendirian INTENS Muhammadiyah Kolut telah bekerja keras sehingga tidak kurang dari 4 bulan SK penyelenggaraan sudah keluar.

Tantangan saat ini generasi muda harus memiliki keterampilan dan ini perlu disiapkan secara matang untuk mampu bersaing di masa depan. Saat ini tidak dapat diingkari ada lulusan PT yang tidak mampu bersaing sehingga tugas semaunya untuk bisa mengarahkan mahasiswa agar memiliki keterampilan itu, kata Andi Lukman.

Tiga Prodi

Prodi yang dibuka dan ditawakan ke masyarakat adalah S1 Sains Aquaria; S1 Teknik Komputer dan S1 Kewirausahaaan. Mahasiswa baru akan mulai diterima sebanyak 300 orang untuk tiga prodi, setiap prodi sebanyak 100 orang untuk dua kelas, kata Alfiady

Mencapai target itu langkah segera ditempuh dengan melakukan sosialisasi lewat media sosial dan media massa terutama bagi siswa SLTA yang ada di Kolut. Selain itu melakukan kordinasi dengan para pengurus persyarikatan Muhammadiyah yang ada di kecamatan kelurahan dan desa se-Kolut, tandasnya.

Kerja sama dengan berbagai pihak di kantor pemerintah dan swasta Kolut dan sekitarnya akan segera dilakukan agar Perguruan tinggi semakin di kenal dan populer di masyarakat Kolut, ungkapnya.

Rencana kampus lokasi perkuliahan akan dilaksanakan di Gedung SKB Kolut sambil menunggu perampungan pembangunan gedung kampus di Desa Rantelimbong Kolut, tegasnya.(yahya).


Disclaimer: Berita ini sebelumnya telah terbit di suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan ini menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id

Komentar