25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Peringatan 20 Tahun Kolaka Utara Menggali Potensi Sumber Daya Alam dan Kearifan Lokal

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Hari ini, Kolaka Utara merayakan dua dekade keberhasilan dengan tagline “CoklatKU, HidupKU, Masa depanKU”, memperingati peristiwa penting ini dengan kebanggaan dan semangat yang tinggi. Dalam upacara megah di Lapangan Aspirasi pada Minggu (7/1), Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio.M.Hum.,PhD., menjadi Inspektur Upacara.

Dalam upacara yang diawali dengan pawai dari 15 Kecamatan, Kolaka Utara menampilkan kekayaan budaya dengan keberagaman pakaian adat, mencerminkan harmoni di antara berbagai etnis suku yang tinggal di bawah naungan Bumi Patowanua yang damai.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA, menjelaskan bahwa tema peringatan tahun ini, 2024, menyoroti keunggulan komparatif sumber daya alam yang didukung oleh kreativitas ekonomi, dengan tujuan memperkuat peran Kolaka Utara sebagai pilar penting menuju Indonesia emas 2045.

“Sangat penting untuk fokus pada keunggulan komparatif sumber daya alam, sumber daya manusia, dan inovasi yang menjadi kunci bagi kemajuan kita,” ujar Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA.

Dalam konteks ini, tagline “CoklatKU, HidupKU, Masa depanKU” menjadi representasi nyata semangat untuk mengintegrasikan coklat sebagai bagian utama dari masyarakat Kolaka Utara. Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA, menegaskan kepentingan memberikan nilai tambah yang lebih besar pada produksi coklat, sebagai bagian esensial dari masa depan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Namun, Penjabat Bupati juga menggarisbawahi perubahan besar dalam pertanian sebagai salah satu keberhasilan Kolaka Utara dalam dua dekade ini. Meskipun demikian, tantangan besar muncul dari sektor pertambangan yang tumbuh secara signifikan. Dalam konteks ini, dia menegaskan pentingnya tata kelola yang bijak terhadap sumber daya alam agar potensi konflik dapat diminimalisir.

“Tata ruang yang baik menjadi kunci untuk mengelola dengan bijak semua potensi ekonomi dan sumber daya alam demi keberlanjutan yang lebih baik,” tambahnya.

Perayaan ulang tahun yang bersemangat ini mencerminkan semangat Kolaka Utara untuk tetap mempertahankan keberagaman budaya, memanfaatkan potensi alam dengan bijak, serta mengejar masa depan yang lebih makmur dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img