Peringatan Hut Bayangkara yang ke – 73 Bupati Kolaka Utara Bertindak Selaku Inspektur Upacara

 Rabu (10/7/2019) bertempat di lapangan sepak bola Kelurahan Lapai,Kecamatan Ngapa upacara peringatan – peringatan Hari Bayangkara yang ke – 73 berlangsung hikmat.

Pihak  bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Kolaka Utara Prov. Sultra, Nur Rahman Umar, Perwira upacara (AKP Irwan Tahir) dan Komandan upacara IPTU Jamarin Riche.

Pada kesempatan ini, Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar  membacakan amanat Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo). Dalam amanatnya presiden mengucapkan selamat kepada Polri dan terima kasih serta penghargaan atas kerja keras, pengabdian dan pengorbanan serta perjuangan tanpa pernah mengenal lelah dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta anggota perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan situasi keamanan yg terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Game2018, Asian Para Games 2018, serta IMF World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai dan demokratis. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman mulai dari perayaan Natal 2018, tahun baru 2019,  sampai dengan Ramadhan dan Idhul Fitri 2019.

Kinerja Polri dalam memelihara keamana dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat. Hal tersebut yang ditunjukkan oleh berbagai survey yg kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik setelah KPK dan TNI. Harapan presiden agar institusi Polri terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terorisme dan radikalismen masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri.

Selain itu,  pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan diruang syber. Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Di akhir amanatnya, Presiden memberikan lima  instruksi sebagai pedomanan dalam melaksanakan tugas ,yaitu pertama tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Polri guna menghadapi berbagai tantangan yg semakin kompleks, serta mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045,

Kedua, ke depankan strategis kepolisian pro aktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai masalah sosial dalam masyarakat. ketiga tingkatkan kualitas pelayanan publik yaga modern, mudah, murah, cepat  secara konsisten dan berkelanjutan. keempat tingkatkan propesionalisme dalam penegakan hokum. Kelima perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian, lembaga, pemerintah daerah serta masyarakat.

Pada rangkaian acara peringatan Hut. Bayangkara tersebut juga Kapolres Kolaka Utara (AKBP Susilo Setiawan. S.I.K.) memberikan penghargaan kepada lima orang masyarakat yang berjasa dan berperan aktif membantu tugas pokok Polri di lingkup Polres Kolaka Utara. Masing-masing kepada Misbahuddin,(MC.Kolaka Utara/Eyv)

Komentar