25 C
Kendari
Kamis, 28 Maret 2024

Perpustakaan di Kolaka Utara Menggunakan Sistem Automasi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Perkembangan Teknologi saat ini makin canggih, tidak ketinggalan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Perpustkaan daerah Kolaka Utara menggunkan sistem automasi untuk meningkatkan pelayanan kepada para pembacanya.

Seperti yang dijelaskan Juharti Hamid Kepala Bidang Pelayanan Sistem Perpustakaan daerah Kolaka Utara bahwa sejak tahun 2019 ini, Pepustakaan sudah menerapkan sistem automasi sehingga pengimputan secara manual tidak lagi dilakukan.

“yah mulai saat ini kami sudah menggunakan sistem automasi, untuk pengimputan, peminjaman dan pencaharian judul buku,”katanya.

Automasi kata dia Memudahkan dalam pembuatan katalog, agar pembaca dapat menemukan sebuah buku yang diketahui berdasarkan pengarang, judul atau  subyeknya dan menunjukkan buku yang dimiliki perpustakaan.

“Rangkaian kegiatan dalam membuat katalog secara manual banyak menghabiskan tenaga, waktu dan uang. Penerapan komputer akan dapat menghemat segalanya. Proses pembuatan katalog akan lebih mudah, penyajian buku bagi pembaca juga akan lebih cepat dan pada gilirannya akan terjadi efisiensi,”ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaksna Sebelum perpustakaan menggunakan komputer layanan proses peminjaman biasanya dilakukan dengan menggunakan kartu. Pekerjaan yang harus dilakukan diawali dengan petugas meminta kartu pembaca, mengambil kartu pinjam, menulis nomer buku di kartu pinjam, mencabut kartu buku dan diakhiri dengan mem “file” kartu. Pekerjaan tersebut memakan waktu yang cukup lama dan cukup rumit. Dengan komputer pekerjaan peminjaman buku dapat dilakukan dengan cepat dan mudah yaitu hanya dengan menyorot “barcode” kartu kemudian menyorot “barcode” buku selanjutnya memberikan cap tanggal pengembalian.

“Pekerjaan yang biuasa butuh waktu lama kini hanya memakan waktu kurang 1 menit untuk setiap buku. Begitu juga dengan proses pengembalian dan perpanjangan buku, cukup dengan menyorot “barcode” buku kemudian secara otomatis akan terjadi transaksi,”tuturnya. Lebih lanjut dia menyatakan bahwa dengan sistem automasi yang sudah diterapkan diperpustakaan daerah Kolaka utara minat baca semakin meningkat,kami harapkan dengsim automasi minat baca masyarakat Kolaka Utara makin meningkat khususnya generasi muda untuk datang belajar dan membaca,”tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img