Perpustakaan Kolaka Utara Berikan Reward Pada Pembaca

Untuk meningkatkan minat baca di Kolaka Utara Pemda Kolaka Utara (Kolut) akan memberikan reward kepada Pembaca paling aktif dan pembaca buku terbanyak khususnya dikalangan pelajar.

Seperti yang diterangkan Kepala Bidang pelayanan Perpustakaan Daerah Kolaka Utara Juharti Hamid Selasa (17/10) bahwa tahun 2017 ini jumlah pembaca setiap harinya sudah meningkat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam sebulan Pepustakaan yang bergaya modern itu mendapat kurang lebih 300 pengunjung, dikatakannya untuk terus meningkatkan minat baca dibutuhkan stimulant seperti pemberian reward.

“Kita akan memberikan reward atau penghargaan kepada sekolah ataupun universitas yang jumlah pembacanya paling rajin serta membaca dan meminjam buku terbanyak itu berupa sertifikat dan cendramata, kalau sekarang pembaca paling ramai itu jam ke-2 bahkan sampai 50 orang setiap harinya,”Katanya.

perpustakaan-kolaka-utara
Perpustakaan Kolaka Utara dari depan

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa hal tersebut dilakukan agar para pengunjung berlomba-lomba untuk datang membaca dan pemberian reward tersebut akan berlangsung hingga 2018 mendatang.”Bukan hanya tahun ini kita memberikan reword untuk para pengunjung tapi juga tahun depan,”terangnya.

Diapun menambahkan bahwa para pengunjung di suguhi wifi gratis dan fasilitas yang ada di perpustakaan bermodel kapal itu tahun ini menambah koleksi bukunya dengan 15000 exampler dan 58 judul buku, tapi diakuinya judul buku sains dan sastra yang di minati para pelajar itu koleksinya masih minim.

“Selain kita memberikan reward untuk meningkatkan minat baca kita juga melakukan sosialisasi serta akan membuat program wajib membaca setiap minggu untuk sekolah-sekolah di kolaka utara,kita akan berkoordinasi dengan Diknas dan kemenag agar sekolah-sekolah dapat memberikan wajib membaca pada siswanya,”katanya.

perpustakaan-kolaka-utara
Salah satu suasana ruangan di perpustakaan

Diapun berharap minat baca di kolaka utara terus tumbuh di kalangan para pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum pasalnya membaca adalah jendela dunia, dengan mebaca mampu menjelajahi dunia,”saya harapkan minat baca itu makin tinggi, karena dengan membaca kita menambah wawasan dan pengetahuan sehingga kedepan masyarakat Kolaka Utara mampu menjadi masyarakat yang lebih cerdas lagi,”tandasnya.

 

Jika kita bertemu dengan orang yang memiliki kecerdasan langka, kita harus bertanya kepadanya buku apa yang dibacanya.

-Ralph Waldo Emerson

 

Ada banyak cara kecil untuk memperbesar dunia anak Anda. Cinta buku adalah yang terbaik dari semuanya”.

~ Jacqueline Kennedy Onassis

 

Komentar