30.1 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Persiapan Pembangunan Bandara Kolaka Utara Menanti Izin Kementerian

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Lasusua- Sejak 2013 lalu agenda pembangunan bandara perintis sudah menjadi agenda pembangunan di wilayah otoritas Rusda Mahmud, meski masih terbilang sangat belia Kolaka Utara menargetkan pembangunan bandar udara (Bandara) untuk mempermudah akses di wilayah paling ujung Bumi Anoa tersebut, kini pemerintah Daerah tinggal menunggu izin dari kementerian perhubungan.

Saat di Konfirmasi Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kolaka Utara Drs.Djamil Mas’ud menyatakan, bahwa saat ini pihak Pemda masih menunggu izin penentuan lokasi pembangunan Bandara,” janji dari kementerian Maret ini sudah ada wilayah yang akan menjadi tempat pembangunan bandara, mudah-mudahan bisa,” Terangnya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa saat ini ada Tiga wilayah yang menjadi target pembangunan bandara yakni Katoi, Kodeoha dan Tiwu, direncanakan pembangunan bandara tersebut 50 persen pembangunannya di darat dan 50 persen di lautan,”rencana nanti itu setengahnya di daratan dan setengahnya di laut,”ujarnya.

Saat ini Dinas perhubungan telah mempersiapkan anggaran untuk Amdal bandara namun saat ini amdal belum bisa di lelang karena Lokasi belum di tentukan, sementara pembebasan lokasi juga belum dilakukan,” Kami sudah anggarkan untuk Amdal namun belum dilakukan lelang karena lokasi belum fix,”Katanya.

Saat ini kata Djamil meski belum ada Lokasi yang secara resmi ditentukan namun pihak konsultan sudah menentukan satu titik wilayah dan saat ini wilayah tersebut rencana dalam proses lobi untuk pembebasan lahan, pasalnya 90 persen masyarakat telah setuju pembangunan bandara,”kalau saat ini masyarakat sudah setuju hanya satu dua orang saja belum setuju dan kita harapkan pembangunan bandara prosesnya bisa lancar,”pungkasnya.(ARM)

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img