Pos Search And Rescue (SAR) Basarnas Segera Hadir di Kolaka Utara

Seringnya terjadi bencana alam di Kolaka Utara menjadi salah satu alasan akan didirakannya Pos Search And Rescue (SAR) di Kolut.

Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar didampingi telah Melakukan penyerahan Surat Keputusan Penentuan Lokasi Kepada Kepala Kantor SAR Kendari Aris Sofingi pada Rabu (13/4/2021) untuk pembangunan Pos SAR yang berlokasi di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua.

Dikatakan Kepala Kantor SAR Kendari saat melakukan kunjungan di lokasi yang telah diserahkan Pemda kolaka Utara untuk dijadikan Pos SAR itu bahwa luas lokasi 1.500m2 atau setara dengan 0,15 hektare.

“Untuk Target mulai berkantor di Kolaka Utara itu secepatnya, kami menunggu keputusan dari kantor pusat, kami SAR kendari hanya memfasilitasi terkait penilaian terbentuknya unit siaga dengan kajian lebih dahulu, kalau kajiannya memenuhi syarat akan cepat apalagi ada dukungan penuh dari pemerintah daerah utamanya lokasi”Katanya.

Tujuan terbentuknya Pos SAR kata dia untuk merespon cepat kejadian, kecelakaan dan bencana alam sehingga bisa melakukan penyelamatan lebih cepat ditangani oleh Basarnas”untuk respon time kejadian, kecelakaan dan bencana itu sudah tidak menunggu lagi tim basarnas, dari kolaka maupun Kendari lagi, sehingga bisa golden time penyelamatan bisa lebih cepat,”Tandasnya.

Komentar