29.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Program ‘Fajar Kolaka Utara Bertasbih ASN Berakhlak’ Diluncurkan Pejabat Bupati Sukanto Toding

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pejabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, melakukan peluncuran program yang bernama “Fajar Kolaka Utara Bertasbih ASN Berakhlak” di Masjid Agung Bahru Rasyad Wal Ittihad pada Jumat (15/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Pejabat Bupati Kolaka Utara juga mengambil peran sebagai imam shalat dan memberikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang dihadiri oleh ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tujuan utama dari program ini adalah untuk membangkitkan aura spiritual masyarakat Kolaka Utara. Pada saat fajar, ribuan malaikat hadir menyaksikan waktu shalat subuh, yang dianggap sebagai waktu yang sangat penting dengan banyak hikmah.

Pejabat Bupati Kolaka Utara menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat subuh berjamaah bukanlah hal yang istimewa, karena masyarakat Kolaka sudah lama memiliki kebiasaan ini. Program ini bertujuan untuk menghidupkan kembali tradisi ini.

“Dalam konteks kegiatan Jumat berkah, program ini mengajak semua ASN untuk bersama-sama menentukan momen ASN berakhlak setiap Jumat subuh. Hingga saat ini, alhamdulillah sudah ada 4 shaf yang hadir dalam pelaksanaan program ini,” Katanya.

Pejabat Bupati mengungkapkan kebanggaannya atas peluncuran pertama program ini dan berharap agar implementasi ASN berakhlak di lingkungan pemerintah daerah dapat menciptakan momen-momen yang membangkitkan semangat beragama dan berakhlak.

“Ahlak adalah singkatan yang menggambarkan makna dari program ini, di mana setiap Jumat dengan ahlak adalah puncak dari amalan kita. ASN dianggap sebagai pilar utama dalam pelayanan kepada bangsa”

Pelaksanaan ASN Berakhlak dimulai dari subuh, dengan kegiatan seperti olahraga bersama setelah shalat subuh di lapangan aspirasi dan dilanjutkan dengan acara yasinan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Implementasi program ini diharapkan akan menciptakan lingkungan yang sehat, baik fisik maupun spiritual.

“Program ini juga bertujuan untuk menghidupkan budaya yang telah ditetapkan oleh para pendahulu, dan meskipun tanpa kehadiran pejabat Bupati nantinya, kegiatan ini akan tetap berlanjut dipimpin Sekda,Asisten hingga staf ahli dengan dukungan dari setiap OPD,”Katanya.

Setiap pelayanan dimulai dari subuh, kepala OPD bergantian menjadi imam dan membawakan kultum, menunjukkan manajemen yang harmonis antara langit dan bumi dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Buka Kegiatan Halal Bilhalal Kerukunan Keluarga Kolaka Utara di Kendari

Sebagai rangkaian kegiatan Idul Fitri, Pemerintah Daerah Kolaka Utara menggelar acara Halal Bil Halal dengan Kerukunan Keluarga Kolaka Utara...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img