Pungutan Tol Bypass Lasusua – Tobaku Sementara Dihentikan Termasuk Tempat Wisata

Semakin bertambahnya pasien yang positif covid-19 di Kolaka Utara maka perlu dilakukan upaya yang keras untuk menghentikan semua aktifitas yang memungkinkan terjadinya interaksi yg dapat menjadi sebab penularan covid 19.

Salah satu potensi yg bisa menjadi sumber penyebaran adalah kegiatan kepariwisataan dimana masyarkat berkumpul dan berinteraksi satu sama lain.

Berdasarkan pertimbangan tersebut Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar mengeluarkan surat Bupati Kabupaten Kolaka Utara bernomor: 556/72/2020, tertanggal 04 mei 2020. dalam rangka mencegah penularan covid 19 di Kolaka Utara. Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Surat edaran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nomor 2 tahun 2020 tentang himbauan pencegahan covid 19.

Surat tersebut memerintahkan agar menutup sementara semua objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten kolaka Utara termasuk menghentikan sementara kegiatan pungutan retribusi jasa gerbang wisata lasusua – tobaku sampai dinyatakan bahwa wabah covid 19 telah berhenti oleh pihak berwenang. Surat tersebut ditindaklajuti oleh Plt.Kepala Dinas Pariwisata dengan mengeluarkan surat bernomor:41/DISPAR/V/2020 tentang peemintaan pemberhentian sementara pungutan retribusi jasa digerbang wisata.

Berbagai langkah telah dilakukan pemerinta kolaka utara guna memutus rantai penularan covid 19 tapi semua itu tdk akan efektip tanpa dukungan dan kepatuhan dari seluruh masyarakat kolaka utara. Gunakan masker, jaga jarak, tetap di rumah, jangan mudik.


Penulis: Andi Taslim (Diskominfo)

Komentar