29.5 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Rapat Paripurna DPRD Kolaka Utara: Pandangan Fraksi dan Tanggapan Bupati terhadap Rencana Perda, Perbup, dan KU-PPAS

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pada hari Senin (10/07/2023), DPRD Kabupaten Kolaka Utara mengadakan Rapat Paripurna untuk penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022. Rapat tersebut juga mencakup penyerahan Rancangan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara dengan DPRD Kabupaten Kolaka Utara tentang Kebijakan Umum Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KU-PPAS) APBD Kabupaten Kolaka Utara Tahun Anggaran 2024.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD, Buhari, S.Kel., M.Si., didampingi oleh Wakil Ketua Hj. Ulfah Haeruddin, S.T., dan Wakil Ketua Agusdin, S.Kom. Rapat dihadiri oleh Anggota DPRD yang memenuhi kuorum. Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara diwakili oleh Sekda Dr. Taupiq S., S.P., M.M., yang juga mewakili Pj. Bupati. Rapat berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Kolaka Utara dan dihadiri oleh Forkopimda, Kepala OPD, serta undangan lainnya.

Enam fraksi di DPRD Kabupaten Kolaka Utara menerima penyerahan Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kolaka Utara tahun anggaran 2022. Namun, setiap fraksi memberikan catatan kepada Pemerintah Daerah Kolaka Utara.

Fraksi PDI Perjuangan memberikan catatan terkait pengelolaan aset yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Mereka juga menyoroti beberapa masalah, termasuk eks kantor Bappeda, lapangan aspirasi, dan pantai Tobaku yang dikuasai oleh pihak swasta. Fraksi ini juga meminta penyelesaian terkait tidak maksimalnya realisasi anggaran dana DAK pada dinas pendidikan.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan catatan terkait pembangunan rumah dan fasilitas umum yang tidak boleh berdekatan dengan sungai untuk menghindari banjir. Mereka juga menyoroti pentingnya penanggulangan cepat terhadap jembatan yang terkena banjir. Fraksi PKB juga mendorong pemerintah daerah untuk memberikan ruang sebesar-besarnya kepada calon investor, dan mereka menyarankan agar semua sumber pajak, PAD, BLUD, dan lain-lain dikelola melalui aplikasi IT.

Fraksi Partai Bulan Bintang menyatakan apresiasi terhadap peningkatan realisasi anggaran pada Badan Pendapatan Daerah, terutama dalam sektor pendapatan pajak daerah dan hasil retribusi daerah. Mereka berharap pemerintah daerah dapat meningkatkan pendapatan daerah, retribusi daerah, dan pendapatan daerah yang sah lainnya.

Fraksi Karya Indonesia memberikan pandangan terkait penyerahan Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kolaka Utara tahun anggaran 2022. Mereka menyoroti pentingnya penerangan di malam hari, terutama di titik pelosok desa yang membutuhkan penerangan. Fraksi Karya Indonesia juga mengusulkan pengawasan yang lebih ketat terhadap pulau kepelabuhanan dan mendukung upaya percepatan investasi industri atau smelter serta pembangunan bandara.

Fraksi Partai Demokrat memberikan pandangan terkait peningkatan kasus pelecehan seksual anak di bawah umur. Mereka mengusulkan agar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan sosialisasi dan mengambil tindakan terkait hal tersebut. Fraksi Demokrat juga mendukung upaya percepatan investasi industri smelter dan mengusulkan evaluasi terhadap Camat dan Kepala Puskesmas yang telah bertugas di atas lima tahun. Mereka juga mendesak pemerintah daerah untuk menginventarisir semua aset daerah, khususnya gerbang wisata, sehingga dapat beroperasi kembali dengan mencari regulasi yang tepat.

Fraksi Persatuan Pembangunan (PPP) menyoroti kasus-kasus asusila dan mengusulkan langkah konkret dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terkait masalah tersebut. Mereka juga menyoroti pergantian Imam Desa yang terkontaminasi oleh politik Pilkada dan mengusulkan agar Imam Desa tidak lagi di-SK-kan oleh kepala desa, tetapi oleh pemerintah daerah. Fraksi PPP mendorong pemerintah untuk melanjutkan pembangunan masjid di Desa Lawa Jaya dan merealisasikan proyek smelter sebagai upaya pemulihan ekonomi dan pembangunan di Kolaka Utara.

Bupati Kolaka Utara, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Dr.Taupik, S merespons pandangan umum dari fraksi-fraksi DPRD. Bupati menjelaskan bahwa pemerintah daerah akan melakukan perbaikan pengelolaan aset dan peningkatan status kepemilikan aset. Terkait realisasi dana DAK yang tidak maksimal, pemerintah daerah telah memberikan teguran kepada dinas pendidikan dan kebudayaan. Bupati juga menjelaskan bahwa inventarisasi semua aset daerah sedang dilakukan dan pendapatan daerah dari gerbang wisata bukan lagi menjadi kewenangan kabupaten karena status jalan tersebut telah berubah menjadi jalan nasional.

Bupati juga merespons pandangan fraksi Persatuan Pembangunan terkait kasus asusila dan usulan terkait Imam Desa. Pemerintah daerah akan menindaklanjuti langkah-langkah konkret yang diusulkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Terkait pembangunan masjid, pemerintah daerah akan melanjutkan pembangunan di Desa Lawa Jaya. Bupati juga memberikan dukungan terhadap proyek smelter dan investasi di Kolaka Utara.

‚ÄúSosialisasi yang lebih intensif dan tindakan konkret dalam mencegah kasus pelecehan seksual anak menjadi fokus kami. Kami mendukung investasi smelter dan terus meningkatkan pendapatan asli daerah. Bersama-sama, kita akan mewujudkan Kolaka Utara yang maju dan sejahtera.” – Dr. Taupiq S., Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara

bahwa pemerintah daerah akan terus meningkatkan pendapatan asli daerah sesuai dengan regulasi yang berlaku, seperti pendapatan pajak dan retribusi daerah. Bupati juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan dukungan yang diberikan oleh fraksi-fraksi terkait dengan program prioritas daerah, termasuk pembangunan bandara dan investasi smelter. Bupati mengajak semua pihak untuk mendukung dan bekerja sama agar tujuan tersebut dapat terwujud demi kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img