24.2 C
Kendari
Kamis, 7 Desember 2023

Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Kabupaten Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Kolaka Utara, 15 Mei 2023 – Asisten 1 Mukhlis Bachtiar, S.Pi.,M.P., mewakili Pj. Bupati Kolaka Utara Parinringi,S.E.,M.Si., secara resmi membuka Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Tingkat Kabupaten Kolaka Utara. Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap orang asing yang berada di wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

Dalam acara tersebut, turut hadir Samuel Toba, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI KDI, Tjatur Soremardiyanto, S.H.,M.H., selaku Kabid Intelejen dan Penindakan Keimigrasian, serta Muhammad Fabbe, S.E., sebagai Kasubbid Penindakan Keimigrasian. Kehadiran mereka dalam rapat tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kolaka Utara.

Selain itu, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, dan undangan juga turut hadir dalam rapat tersebut. Hal ini menunjukkan keterlibatan berbagai pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta menanggapi isu-isu terkait orang asing yang berada di wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

Dalam sambutannya, Asisten 1 Mukhlis Bachtiar menyampaikan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat dalam mengawasi dan mengendalikan keberadaan orang asing di wilayah Kolaka Utara. Beliau juga menekankan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan imigrasi guna menjaga keamanan nasional dan melindungi kepentingan masyarakat setempat.

“Kami berharap dengan adanya rapat ini, Tim PORA Kabupaten Kolaka Utara dapat lebih meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap orang asing yang tidak memiliki izin tinggal atau melanggar ketentuan keimigrasian. Upaya ini diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Kolaka Utara serta melindungi kepentingan masyarakat setempat,” ujar Asisten 1 Mukhlis Bachtiar.

Rapat ini juga menjadi kesempatan bagi pihak Kantor Imigrasi dan instansi terkait untuk menyampaikan informasi terbaru terkait penindakan dan pengawasan terhadap orang asing yang melanggar ketentuan keimigrasian. Di samping itu, rapat ini juga menjadi wadah untuk mendengarkan aspirasi dan masukan dari Forkopimda, Kepala OPD, serta masyarakat terkait peningkatan pengawasan terhadap orang asing.

Menanggapi hal ini, Samuel Toba, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI KDI, mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam menggelar rapat ini. Kolaborasi antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kolaka Utara.”

Tjatur Soremardiyanto, Kabid Intelejen dan Penindakan Keimigrasian, juga menambahkan, “Dalam rapat ini, kami akan menyampaikan informasi terbaru terkait penindakan dan pengawasan terhadap orang asing yang melanggar ketentuan keimigrasian. Kami berkomitmen untuk melaksanakan tugas ini dengan profesional dan bertanggung jawab guna menjaga kedaulatan negara dan melindungi kepentingan masyarakat Kolaka Utara.”

Muhammad Fabbe, Kasubbid Penindakan Keimigrasian, menjelaskan, “Rapat ini merupakan wadah yang penting untuk mendengarkan masukan dan aspirasi dari berbagai pihak terkait peningkatan pengawasan terhadap orang asing. Kami akan memperkuat koordinasi dengan Forkopimda, Kepala OPD, dan masyarakat dalam melaksanakan tugas pengawasan ini.”

Partisipasi Forkopimda, Kepala OPD, dan masyarakat dalam rapat ini juga menunjukkan keseriusan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kolaka Utara. Mereka memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah dan instansi terkait dalam mengendalikan keberadaan orang asing yang tidak memiliki izin tinggal atau melanggar ketentuan keimigrasian.

Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Kabupaten Kolaka Utara ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang positif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Dengan meningkatnya pengawasan dan penindakan terhadap orang asing yang tidak mematuhi peraturan imigrasi, diharapkan wilayah Kolaka Utara dapat terjaga keamanannya dan kepentingan masyarakat setempat terlindungi.

Tim PORA Kabupaten Kolaka Utara bertekad untuk melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh guna menjaga kedaulatan negara dan melindungi kepentingan masyarakat. Kerja sama yang erat antara berbagai pihak diharapkan dapat terus ditingkatkan guna menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua warga Kolaka Utara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Polres Kolaka Utara Gelar Patroli Malam Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Lasusua, 6 Desember 2023 - Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas), Polres Kolaka Utara menggelar patroli malam...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img