Rayakan HUT ke-14 Pemda Kolaka Utara Gelar Lomba Permainan Tradisonal

Memeriahkan Hari Ulang Tahun Kolaka Utara yang ke-14 Pemerintah Kolaka Utara menggelar lomba tardisional tingkat pelajar, pasalnya dengan lomba tradis9onal akan melestarikan budaya yang saat ini sudah mulai tergerus oleh zaman.

Saat ini anak lebih cendrung bermain gadget dibandingkan bermain permainan tradisonal, di era saat ini, jiwa sosial sudah mulai hilang karakter individual anak terbentuk oleh zaman moderenitas, sehingga Pemerintah daerah Kolaka Utara terus melestarikan permaian tradsional di tingkat pelajar dengan melakukan lomba permaianan tradisional agar anak diwilayah otoritas Nur Rahman Umar dan H.Abbas tumbuh dengan cerdas dengan kepekaan sosial.

Salah Satu peserta Pertandingan gasing Tingkat SD

Dikatakan Ketua panitia pertandingan permainan tradisional Safruddin, bahwa pertandingan tradisional yang dilombakan terdiri dari Lomba lari kelereng,lari karung, gasing, balapan kuda (red:lari menggunakan tempurung kelapa) dan engrang.

Lomba Lari Kelereng

“Pertandingan ini dilakukan untuk mengangkat kembali nilai-nilai budaya Kolaka Utara, dan saat ini kita di tuntut untuk menggali semua kebudayaan yang pernah ada di Kolaka Utara untuk I kembangkan kembali,”katanya.

Diapun menyatakan bahwa dalam lomba ini para pelajar tingkat SD,SMP dan SMA, sehingga pelajar yang menjadi generasi muda terus akan meletarikan kebudayaan tersebut,”pesertanya tingkatan pelajar SD samapai SMA,”Tandasnya.

Lomba Lari karung

Komentar