26.7 C
Kendari
Selasa, 23 April 2024

Detail Tata Ruang Kawasan Bandara Kolaka Utara Dibahas Agar Optimal dan Berkelanjutan

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam upaya memastikan pertumbuhan wilayah yang terorganisir dan berkelanjutan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kolaka Utara mengambil langkah penting dengan melaksanakan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk Kawasan Bandar Udara dan sekitarnya. Kegiatan ini mencakup pembahasan fakta, analisis, serta pengkajian Kebijakan Rencana dan/atau Program (KRP) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RDTR Kawasan Bandar Udara dan sekitarnya.

Senin (14/10?2023 ) di  Aula Kantor Bupati Kolaka Utara Acara dibuka Penjabat Bupati Kolaka Utara) Sukanto Toding yang diwakili oleh Asisten Satu Ir. Mukhlis Bachtiar. Dia menyatakan pentingnya RDTR sebagai landasan kebijakan terkait pengembangan infrastruktur, perencanaan tata ruang, serta aspek lingkungan hidup yang terkait dengan kawasan Bandar Udara.

“Dengan penyusunan RDTR yang komprehensif, kami berharap dapat membimbing Kolaka Utara menuju perkembangan wilayah yang lebih terstruktur dan berkelanjutan,” ujarnya.

RDTR ini dianggap sebagai pilar penting dalam mengambil keputusan strategis yang akan membentuk wajah baru kawasan Bandar Udara Kolaka Utara. “Diharapkan, langkah-langkah ini akan memastikan tata ruang yang optimal, mendukung pertumbuhan wilayah, dan memelihara lingkungan hidup yang seimbang,” Harapnya.

Selain itu, RDTR ini akan melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat, organisasi non-pemerintah, dan para ahli terkait. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa perspektif beragam diintegrasikan dalam penyusunan rencana, sehingga mewujudkan kawasan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi komunitas. “Proses ini akan melibatkan serangkaian dialog terbuka dan sesi konsultasi untuk memperoleh masukan berharga dari berbagai pihak,”Jelasnya.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang juga akan mendorong adopsi teknologi terkini untuk memetakan dan memvisualisasikan tata ruang secara lebih presisi.

“Penggunaan teknologi canggih diharapkan akan memudahkan pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan yang cerdas dan memastikan keterlibatan masyarakat yang lebih luas,” Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img