25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Ribuan Masyarakat Kolaka Utara Meriahkan Arak-arakan Penghargaan Adipura ke-8

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Ribuan warga Kolaka Utara bergembira dalam sebuah arak-arakan untuk merayakan penghargaan Adipura ke-8. Acara ini diawali pada Senin (18/3) sekitar pukul 16.00 WITA, dimulai dari Desa Rantelimbong Kecamatan Lasusua. Piala Adipura ini diarak dengan semarak oleh berbagai elemen masyarakat Kolaka Utara, dipimpin langsung oleh penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA. Pasukan kebersihan, kepala OPD, serta ribuan masyarakat ikut serta dalam arak-acara ini dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan, mulai dari motor, mobil, truck, hingga mobil kebersihan lainnya.

“Saya menyerahkan piala Adipura kategori kota Kecil ini kepada yang mewakili Masyarakat Kolaka Utara, mohon diapresiasi dan dipertahankan,” ujar Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA saat menyerahkan Adipura kepada Ketua DPRD Kolaka Utara yang diwakili Anggota DPRD Kolaka Utara sebagai perwakilan masyarakat.

Ketua DPRD Kolaka Utara yang diwakili oleh Akhiruddin menyatakan harapannya, “Saya mewakili masyarakat Kolaka Utara menerima penghargaan Adipura yang ke-8, semoga Adipura yang kita terima ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.”Katanya.

Penjabat Bupati Kolaka Utara juga menegaskan pentingnya mempertahankan prestasi Adipura tersebut, “Adipura ini bukan suatu kebetulan atau prestasi reguler yang harus didapatkan sebuah kota tapi ini adalah sesuatu yang harus  dipertahankan.”jelasnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, “Banyak kalangan mungkin menyatakannya bahwa Adipura ini rutin dilakukan kenapa mesti arak-arakan, Adipura ini bukan suatu kebetulan atau prestasi reguler yang harus didapatkan sebuah kota tapi ini adalah sesuatu yang di pertahankan.”Tuturnya.

Dalam konteks ini, Akhiruddin juga menekankan pentingnya apresiasi terhadap kerja keras pemerintah daerah sebelumnya dalam meraih prestasi Adipura tersebut, “Kami DPRD Kolaka Utara mengapresiasi semua kerja keras Pemda Kolaka Utara khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kolaka, dan Bismillahirrahmanirrahim Piala Adipura kami terima.”ungkapnya.

Adipura bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga simbol kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini ditegaskan oleh penjabat Bupati Kolaka Utara, “Piala Adipura telah diletakkan oleh Bupati Sebelumnya Mulai Bapak Rusda Mahmud, kemudian Dilanjutkan Bapak Nurrahman Umar, kami hanya melanjutkan dan berharap piala Adipura bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan menjadi Adipura Kencana.”Harapnya.

Menurutnya, penerimaan Adipura perlu diapresiasi secara luas, “Saya beritahu teman-teman OPD kita harus mengarak, kita harus sampaikan keseluruhan masyarakat kita bahwa kita diberikan kepercayaan kepada pemerintah untuk mendapatkan Adipura,” jelasnya.

Di samping itu, penjabat Bupati juga mengungkapkan bahwa penerimaan Adipura harus dilihat sebagai hasil dari kerja keras dan keseriusan para pemimpin daerah sebelumnya. “Sampai saat ini baru 3 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara yang mendapatkan Adipura, itu tandanya mendapatkan Adipura itu tidaklah mudah, karena berapa Kabupaten Kota berusaha mendapatkan tapi sampai saat ini masih berusaha,” katanya.

Terkait hal ini, penjabat Bupati juga menggarisbawahi pentingnya kesadaran akan kebersihan dan kepedulian lingkungan, “Penerimaan Adipura harus menjadi momentum bagi kita semua untuk terus meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan kepedulian terhadap alam sekitar.”Tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img