23.2 C
Kendari
Kamis, 20 Juni 2024

Sekda Kolaka Utara Pimpin Upacara Harkitnas ke-116

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taupik, S, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang digelar di lapangan Aspirasi, Senin (18/5).


Dalam sambutannya, Dr. Taupik menekankan pentingnya melanjutkan semangat kebangkitan nasional dengan mengadaptasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai bagian dari perjuangan modern.

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” ujarnya.

Dr. Taupik menjelaskan bahwa inovasi teknologi telah membawa perubahan revolusioner dalam kehidupan manusia dan menegaskan pentingnya penguasaan teknologi untuk mengarungi masa depan dan mencapai “Indonesia Emas”.

“Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong ‘Indonesia Emas’,” lanjutnya.

Ia juga menyoroti pentingnya memanfaatkan bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini. Dalam dua dekade ke depan, sekitar 60% penduduk Indonesia berada pada usia produktif yang siap mengembangkan inovasi baru untuk kemajuan teknologi dan ekonomi.

“Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030,” tambahnya.

Dr. Taupik menekankan bahwa transformasi digital tidak hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan produktivitas, tetapi juga memberikan dampak positif dalam aspek sosial dan lingkungan.

“Transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” jelasnya.

Menutup sambutannya, Dr. Taupik mengajak seluruh peserta upacara untuk bekerja bersama menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada demi mewujudkan mimpi “Indonesia Emas 2045”.

“Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju ‘Indonesia Emas 2045’,” pungkasnya.

Peringatan Harkitnas kali ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, pejabat pemerintahan, dan perwakilan dari berbagai instansi yang ada di Kabupaten Kolaka Utara,

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Resmikan Jalan yang Dibangun CSM

Rabu (19/7) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri peresmian jalan rabat beton sepanjang 2,8...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img