Sensus Penduduk di Kolaka Utara di Mulai

Sensus penduduk yang merupakan kegiatan sekali dalam 10 tahun segera akan dimulai, untuk wilayah Kolaka Utara akan dimulai pada 15 – 31 Mei 2022 untuk pemilihan sample rumah tangga.

Dijelaskan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka Utara Sidik,SE bahwa petugas sensus lanjutan ini bertugas sebanyak 83 orang yang akan bertugas di seluruh wilayah Kolaka Utara.

“Petugas Lapangan 57 orang, Koordinator Kecamatan 7 Orang Koordinator tim 9 Orang, terhitung 83 orang, dan dilatih dalam 2 Gelombang, setelah pelatihan mereka akan bertugas di lapangan”Katanya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa selain petugas diberikan materi tentang tugas pokok dalam melakukan sensus penduduk, mereka juga diberikan materi keagamaan agar para petugas melakukan tugas dan tanggungjawabnya.

“Sebelum kegiatan berakhir kami mengundang Ustadz untuk memberikan ceramah pada para peserta, selain diberikan materi khusus tentang sensus juga diberikan ilmu agama, selain dilatih secara emosional, secara spiritual juga sangat perlu,”Katanya.

Sementara itu dikatakan Bupati Kolaka Utara usai membuka kegiatan pelatihan Sensus Penduduk bahwa data yang nantinya dihasilkan sangat penting dan dibutuhkan untuk mendukung pembangunan yang baik dan benar.

“Untuk mendapatkan data yang baik dan benar diharapkan masyarakat betul-betul memberikan informasi yang benar pada petugas sensus, selain masyarakat sebagai sumber data juga diharapkan pelaksana seperti petugas juga harus memberikan data yang benar,”Katanya.

Bupati juga menyatakan bahwa mulai dari Kepala OPD, Camat dan Kepala desa membantu berjalannya sensus penduduk tersebut memberikan informasi pendukung Indikator pendukung.

“Kegiatan ini akan dimulai dengan pemuktahiran rumah tangga dan pemilihan sample rumah tangga 15-31 Mei, dilanjutkan dengan pendataan rumah tangga terpilih sample 1-30 Juni 2020,”Tandasnya

Komentar