24.8 C
Kendari
Rabu, 22 Mei 2024

Sensus Pertanian 2023 di Kolaka Utara: Membangun Data Pertanian yang Akurat dan Terkini

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan melaksanakan sensus pertanian di wilayah tersebut. Sebanyak 188 orang telah disiapkan untuk melakukan sensus ini di 583 dusun yang tersebar di 133 desa/kelurahan dan 15 kecamatan.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, sensus pertanian tahun 2023 ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang berkembang pesat dan dinamis guna memenuhi kebutuhan data baik di tingkat nasional maupun internasional. Sensus ini dirancang untuk menghasilkan data yang berstandar internasional dengan mengacu pada program Food and Agricultural Organization (FAO).

Parinringi menjelaskan bahwa target dari sensus ini adalah untuk mengukur rata-rata pendapatan per kapita masyarakat atau Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mencakup 9 sektor, termasuk pertanian, kehutanan, perikanan, dan sektor lainnya.

Kegiatan sensus ini dianggap penting dan diperlukan guna menghasilkan data sektor pertanian yang akurat dan terkini. Data tersebut akan menjadi acuan bagi pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan baik di tingkat internal maupun nasional.

Parinringi juga menekankan bahwa sektor pertanian memiliki kontribusi yang signifikan dalam perekonomian nasional, penyerapan tenaga kerja, dan pemasukan devisa. Terutama sektor agrobisnis dan industri pengolahan yang mengelola hasil pertanian, menunjukkan bahwa sektor pertanian dapat bertahan dalam situasi krisis ekonomi.
“Sensus ini dirancang untuk memperoleh hasil yang berstandar internasional dengan mengacu pada program Food and Agricultural Organization (FAO). Kegiatan ini penting dan sangat diperlukan untuk menghasilkan data di sektor pertanian yang akurat dan terkini sebagai acuan pemerintah maupun stakeholder dalam merumuskan kebijakan baik untuk kepentingan intern maupun kepentingan nasional.” Ujar Parinringi, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara

Dalam pelaksanaan sensus, Parinringi berharap agar petugas sensus dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik dan bertanggung jawab. Para petugas diharapkan dapat mengumpulkan data pertanian yang lengkap, akurat, dan terkini.

Kepala BPS Kolaka Utara, Sidik, menjelaskan bahwa tujuan utama sensus pertanian ini adalah untuk mendapatkan data struktur pertanian yang lengkap dan akurat guna perencanaan dan evaluasi pembangunan, terutama di sektor pertanian. Sensus ini akan berlangsung selama dua bulan, mulai dari tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023, dan melibatkan 188 orang petugas. Hari ini, dilakukan pelatihan untuk para petugas lapangan.

“Kamiberharap agar masyarakat dapat bekerjasama dengan memberikan informasi yang benar, sehingga data yang dihasilkan dapat akurat dan terpercaya, ” Katanya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img