Siapa Yang Menerima Bantuan BPUM Tapi Tak Punya Kegiatan Usaha? Siap-Siap Lakukan Pengembalian

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang penerimanya di konfirmasi melalui SMS dari bank BRI sebanyak Rp,2.400.000 merupakan bantuan dari anggaran APBN, namun jika si penerima tersebut tak memiliki kegiatan usaha maka siap-siap untuk diminta melakukan pengembalian bantuan tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kolaka Utara Muhammad Yasin saat ditemui Menjelaskan bahwa banyak Penerima BPUM tersebut tidak masuk dalam data pengusulan bahkan data yang masuk sebagai penerima di Kolaka Utara berasal dari Kabupaten lain dan yang masuk sebagai penerima tak miliki kegiatan usaha akan segera diminta mengembalikan uang BPUM tersebut.

“Masyarakat yang penerima bantuan BPUM tapi tak memiliki usaha siap-siap akan diminta untuk mengembalikan uang tersebut, nanti akan turun tim survey mengecek langsung, kalau nanti diketahui tak memiliki usaha harus dikembalikan karena bantuan ini untuk UMKM,”Katanya.

Muh. Yasin menambahkan pihaknya telah mengusulkan 700 pelaku usaha sebagai penerima BPUM di Kolaka Utara namun berdasarkan data dari Bank BRI kurang lebih 100 orang yang telah menerima BPUM. ”Kita usulkan itu ada 700 nama tapi kurang lebih 100 nama yang sudah cair namun ada beberapa data yang kami lihat sebagai penerima tersebut dari kabupaten lain bahkan provinsi Sulawesi selatan”Tuturnya.

Dia Pun menambahkan bahwa kemungkinan data penerima BPUM tersebut bocor karena ada beberapa nama yang tidak diusulkan namun terdaftar sebagai penerima, karena di media online kata dia banyak yang menawarkan jasa untuk mendaftarkan online BPUM.

“Dari 700 nama yang telah diusulkan sebagai penerima bantuan tersebut, prosesnya penerimaan tiga tahap, tahap pertama sudah selesai akan menyusul tahap kedua dan ketiga, mudah-mudahan nama yang kita usul bisa tercover semuanya. Tandasnya (L)

Komentar