Suasana Covid-19 Sosialisasi Perbub Digelar Lewat Media Daring Dengan Camat & Kades Sekolaka Utara

Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahmar Umar, MH. Memimpin langsung acara Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Kolaka Utara Tentang Tatacara Pembagian dan Penetapan Alokasi Dana Desa Setiap Desa di Kabupaten Kolaka Utara Tahun Anggaran 2020.

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi terpaksa menggunakan saluran video conference dikarenakan masih dalam suasana covid -19. Kegiatan bertempat di kantor bupati Kolaka Utara serta diikuti oleh semua camat dan kepala desa se-Kabupaten Kolaka Utara di kantor mereka masing-masing pada hari selasa (9/06/2020).

Pada kesempatan tersebut Drs. H.Nur Rahman Umar, MH. Menyampaikan kepada para Kepala Desa tentang adanya penyesuaian/ pengurangan anggaran yang merupakan kebijakan dari pusat dan ditindaklanjuti daerah yang mana desapun terkena imbas dari penyesuaian tersebut.

“Ini bukan kemauan saya pribadi tetapi murni kebijakan pusat yang diambil karena adanya wabah covid-19” ucap beliau. “Kebijakan penyesuaian anggaran berlaku nasional, program yang seharusnya tuntas tahun 2020 menjadi tertunda, dan program yang tertunda akan menjadi skala prioritas untuk diselesaikan ketika anggaran sudah kembali normal”, ucap beliau. Bupati juga menyampaikan bahwa penyesuaian Anggara pada tiap- tiap desa berdasarkan persentase dari jumlah ADD (Alokasi Dana Desa) dimasing-masing desa sesuai dengan Peraturan Bupati. jadi tidak sama antara desa yang satu dengan desa yang lain karena besaran jumlah ADD nya juga berbeda.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati H. Abbas, SE juga mengutarakan harapannya agar para Kepala Desa bisa menjelaskan kepada masyarakat akan kebijakan yang diambil “saya mohon disampaikan kepada masyarakat agar informasi penundaan berbagai program tidak bias dan dapat dimengerti keadaan yang terjadi” ucap Beliau. Acara sosialisasi juga dihadiri Setda Kolaka Utara Taufik burhan SP, MM. (T)

Komentar