Tahun Ini Kolaka Utara Terapkan Transaksi Non Tunai

tahun-ini-kolaka-utara-terapkan-transaksi-non-tunai/

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara akan menerapkan transaksi non Tunai untuk semua transaksi keuangan daerah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) No. 910/1866/SI tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Provinsi dan SE Mendagri No. 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017.

Transaksi Non tunai mampu untuk menerapkan pengelolaan keuangan secara transparan, akuntabilitas dan efektif.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar bahwa implementasi transaksi non tunai di Kolaka Utara sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu yakni untuk Belanja daerah dan gaji aparatur sipil negara (ASN) namun, masih ada item-item yang proses transaksinya tidak berlangsung melalui transaski non tunai.

”Kita di Kolaka Utara sudah menarapkan transasksi non tunai untuk belanja dan gaji,”terangnya, saat membuka sosialisasi Transaksi non tunai di Lantai III Kantor Bupati Kolaka Utara Senin (22/1).

Transaski non tunai kata Bupati dilakukan  bukan untuk membatasi dan menyulitkan pelayananan bagi para Bendahara, namun hal tersebut di lakukan untuk efektif dan efisiensi waktu serta memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

“Teman-teman ASN dan Bendahara Transaksi non tunai ini mengurangi resiko kriminal karna tidak lagi yang  membawa uang tunai. dengan menentang uang kiri, kanan. Karna sudah ada kejadian bendahara di rampok”katanya.

Dengan transaski non tunai yang sebelumnya di lakukan oleh pemerintah daerah Kolaka utara akan lebih disempurnakan  lagi tahun 2018 ini, ”kita sudah melakukan trasaksi non tunai tinggal kita sempurnakan karna semua pembayaran baik honor, pegawai dan semuanya sudah non tunai,”Tandasnya.

Transaski Non tunai diberlakukan sejak 1 Januari 2018 yang meliputi penerimaan daerah yang dilakukan oleh penerimaan atau bendahara, penerimaan pembantu dan Pengeluaran daerah yang dilakukan bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu. Transaksi Non tunai memberikan manfaat untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah, mencegah peredaran uang palsu, menghemat pengeluaran negara, menekan laju inflasi, Mencegah transaksi Ilegal (Korupsi),meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian dan mewujudkan tertib administarasi pengelolaan kas.

Komentar