29.5 C
Kendari
Jumat, 17 Mei 2024

Tangani Inflasi, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara Gelar Pasar Murah

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Menanggapi masalah inflasi yang melanda Kolaka Utara, Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, membuka kegiatan pasar murah pada Selasa (10/10/2023). Masyarakat dengan antusias memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, membuat acara ini ramai dan penuh semangat.


Jelaskan Apa Itu Inflasi? Klik untuk melihat jawaban dan menutup jawaban

Inflasi adalah suatu keadaan perekonomian dimana harga-harga secara umum mengalami kenaikan, dan kenaikan harga tersebut berlangsung dalam jangka panjang. Secara sederhana, inflasi dapat diartikan sebagai meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya.

Inflasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  • Peningkatan permintaan agregat, yaitu peningkatan permintaan barang dan jasa secara keseluruhan dalam perekonomian.
  • Peningkatan biaya produksi, yaitu kenaikan harga bahan baku, tenaga kerja, dan faktor produksi lainnya.
  • Kenaikan jumlah uang beredar, yaitu peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Inflasi dapat berdampak positif dan negatif bagi perekonomian. Dampak positif inflasi antara lain:

  • Meningkatkan daya beli masyarakat, karena harga barang dan jasa menjadi lebih murah.
  • Meningkatkan investasi, karena inflasi dapat mendorong pelaku usaha untuk berinvestasi.

Dampak negatif inflasi antara lain:

  • Menurunkan daya beli masyarakat, karena harga barang dan jasa menjadi lebih mahal.
  • Mengurangi nilai tabungan, karena nilai uang yang disimpan akan menurun seiring dengan kenaikan harga.
  • Meningkatkan ketidakpastian, karena inflasi dapat membuat pelaku usaha sulit untuk memprediksi harga di masa depan.

Inflasi dapat diukur dengan menggunakan indeks harga konsumen (IHK). IHK adalah suatu indeks yang mengukur perubahan harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

Di Indonesia, IHK dihitung oleh Badan Pusat Statistik (BPS). BPS menggunakan metode agregasi Laspeyres untuk menghitung IHK.

Tingkat inflasi di Indonesia pada tahun 2023 adalah sebesar 4,57%. Angka ini lebih tinggi dari target inflasi pemerintah yang sebesar 3,5%.

Untuk mengatasi inflasi, pemerintah dapat melakukan berbagai kebijakan, antara lain:

  • Kebijakan moneter, yaitu kebijakan yang bertujuan untuk mengendalikan jumlah uang beredar.
  • Kebijakan fiskal, yaitu kebijakan yang bertujuan untuk mempengaruhi permintaan agregat.
  • Kebijakan struktural, yaitu kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing perekonomian.

Jawaban ini mungkin disediakan oleh kecerdasan buatan


Beras, minyak goreng, dan telur menjadi primadona di acara ini. Harga beras 10 kg dipatok hanya Rp 99,500, minyak goreng per liter Rp 14,000, dan telur seharga Rp 45,000 per rak, menarik perhatian warga. Para warga dengan senang hati berbondong-bondong untuk mendapatkan komoditas pokok ini dengan harga yang lebih terjangkau.

Penjabat Bupati Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dalam sambutannya, menegaskan komitmennya untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan komoditas bagi masyarakat. Ia mengatakan bahwa pasar murah ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat, dengan memastikan transparansi dan efektivitas dalam program ini, dari pencetakan kupon hingga penyaluran komoditas, sehingga tepat sasaran.

“Kegiatan pasar murah yang kita laksanakan saat ini adalah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan di Kabupaten Kolaka Utara. Selain melibatkan OPD lingkup pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, kami juga menggandeng pihak swasta seperti pihak Bulog, bank, dan beberapa pihak lainnya. Kami akan melanjutkannya di beberapa titik lain dengan tujuan untuk mengendalikan harga komoditas pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat Kolaka Utara,” ujar Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA.

Asisten II Sekretaris Daerah Bidan Pembangunan Kabupaten Kolaka Utara, H. Syamsuddin, SH menjelaskan bahwa Indeks Perubahan Harga (IPH) pada minggu pertama Oktober 2023 mengalami peningkatan sebesar 0,179 persen, dengan kenaikan harga komoditas beras menjadi sorotan utama.

“Untuk menindaklanjuti informasi tentang kenaikan harga komoditas beras, pada tanggal 28 sampai 29 September 2023, TPID bersama unsur forkopimda dan OPD terkait melakukan sidak pasar di tiga zona. Secara faktual, terdapat kenaikan harga sebesar Rp.1000 dan Rp.2.000 untuk beras,” kata H. Syamsuddin,SH Masyarakat diharapkan dapat terus memanfaatkan kesempatan seperti ini dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Minta BUMDES Maksimalkan Potensi Desa

Desa Babusalam, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, dikenal sebagai desa yang terletak di puncak gunung dengan tanah yang subur....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img