Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle di Kelurahan Olo-Oloho Kec. Pakue Diresmikan

Serah Terima Sarana Prasarana dan Peresmian Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) di Kelurahan Olo-Oloho Kec. Pakue, jumat 17/12/2021.

Program TPS 3R merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan TPS 3R yg ada di kelurahan Olo-oloho dikerjakan pembangunannya kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), setelah selesai kemudian diserahkan Kepada Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sultra Kementerian PUPR, yg selanjutnya diserahkan kepada Pemda Kolaka Utara Dinas Lingkungan Hidup (DLH), DLH menyerahkan kepada Kelompok Pemanfaat dan Pemeliharaan (KPP) untuk dikelola dan dimamfaatkan sebagaimana peruntukannya.


Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, M.H., dalam sambutan yg diwakili Asisten 3 Ir. H. Muh. Idris : TPS 3R salah satu prasarana pengolahan sampah yg dilengkapi inovasi teknologi pencacahan sampah dan pengomposan, dengan adanya inovasi tersebut diharapkan sampah dapat dimanfaatkan kembali dan menjadi produk yg berguna dan bernilai. Diharapkan keberadaan fasilitas ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan dan pemanfaatan sendiri dari sampah yg dihasilkan. Dengan adanya TPS 3R samapah yg ada di Kekurahan Olo-Oloho dan kecamatan pakue dapat ditangani dan termanfaatkan.

Hadir Perwakilan BPPW Haedar, S.E., Kadis DLH Drs. Mardang, M.M., Forkopimda, Kepala OPD, KSM, undangan dan Masyarakat.

Di Tempat yg sama juga TP. PKK Kelurahan Olo-Oloho mengadakan lomba Kuliner non beras antar dasawisma.

Komentar