25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Temu Saudagar Tanah Luwu Penjabat Bupati Kolaka Utara Persentasi Potensi Daerah Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Senin malam (22/1), di rumah jabatan Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan, digelar Temu Saudagar Tanah Luwu sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Luwu (HJL) ke-756 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-78. Acara ini menyatukan Bupati se Wilayah Luwu, Kolaka Utara, dan Kolaka dalam presentasi potensi wilayah masing-masing.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir Sukanto Todong, MSP, MA, menekankan potensi luar biasa Kabupaten Kolaka Utara. Dengan sumber daya alam seperti nikel, perikanan laut, dan budidaya yang melimpah, ia menyampaikan potensi besar dalam pengembangan kakao, dengan luas lahan mencapai 78.971,10 ton dan produksi 60.186,10 ton.

“Potensi sumberdaya alam Kabupaten Kolaka Utara Nikel kurang lebih 500 juta ton, perikanan laut 15.388 ton pertahun, Budidaya 42.590 ton pertahun, Kakao Luas lahan 78, 971,10 ton dengan produksi 60.186,10 ton,” ungkap Dr. Ir Sukanto Todong, MSP, MA.

Presentasi juga mencakup aspek pariwisata dan hotel, dengan 59 objek wisata dan 29 hotel. Tagline “coklatku hidupku dan masa depanku coklat” menggarisbawahi peran kakao sebagai tulang punggung ekonomi masyarakat Kolaka Utara.

Dalam menghadapi tantangan pertanian kakao, yaitu keberlanjutan sumber daya alam, dan pengembangan bibit unggul, penjabat Bupati menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga swasta, dan petani. “Tantangan perkembangan yaitu budidaya kakao menghadapi kebanyakan dalam lapangan yang pertama keberlanjutan sumber daya alam keberlanjutan sumber daya manusia sementara peluang pengembangan bibit bibit kakao varietas unggul dan tahu dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit,” jelasnya.

Perbankan pun didorong untuk menyediakan skema kredit yang mendukung petani kakao sebagai investasi dalam pertumbuhan sektor pertanian dan keberlanjutan lingkungan.

Temu Saudagar Tanah Luwu Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara menyuguhkan coklat panas yang disuguhkan untuk para tamu yang hadir, hal tersebut dilakukan untuk memperkenalkan produk dari olahan kakao Bumi Patowanua.

menggambarkan komitmen bersama untuk memajukan sektor sumberdaya alam termasuk kakao dan menghadapi tantangan pembangunan wilayah dengan pendekatan yang berkelanjutan dan berdaya tahan.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img