Tiga Lokasi di Usulkan Untuk Lokasi Bandara Kolaka Utara

Impian Kolaka Utara (Kolut) untuk memiliki sarana transportasi udara berupa bandara perintis tidak akan lama lagi segera terwujud. Telah ada tiga nama calon lokasi yang diusulkan ke pihak Kementrian Perhubungan RI untuk ditetapkan yakni Awo, Ngapa dan Maruge.

“Lokasinya telah ada yang kita usulkan ke konsultan. Kita tinggal menunggu kapan turun melakukan verifikasi akhir,” terang Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kolut, Jamil Mas’ud.

Kepastian penetapan lokasi terang dia tentunya sudah bisa diketahui di saat anggaran pelaksanaannya akan dicairkan. Kalau ia tidak salah mengira, dana yang digunakan bersumber dari apbn meskipun tidak menutup kemungkinan juga ada yang dipakai yang dialokasikan dari apbd.

Pembebasan lahan lanjut dia tentunya bergantung dari ketetapan lokasi yang ditunjuk . “Kita belum bisa membebaskan lahan sebelum ditentukan. Jangan sampai telah dibebaskan lantas yang ditetapkan justru lain,” ujarnya.

Kedatangan dari tim verifikasi untuk melakukan peninjauan dikatakan masih dalam masa penantian berhubung adanya perubahan struktural di kubu kementrian sebelumnya. Namun ia yakin realisasinya segera terwujud dikarenakan Persiden, Jokowi dinilainya juga telah mengumbar rencana pengadaan bandara perintis di Kolut sewaktu berada di luar negeri.

Ia menyatakan bahwa setidaknya Kolut sudah seharusnya memiliki landasan pesawat sendiri dikarenakan jaraknya yang memang jauh dari bandar udara di Kendari atau Makassar. “Kalau ini sudah terealisasi maka akan semakin mempermuda dan mempersingkat waktu perjalanan,” pungkasnya. (ull)

Komentar