Tiga PKM di Sidak Wakil Bupati Kolaka Utara

Hari petama kerja di tahun 2018, Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Tiga Puskesmas (PKM) di Bumi Patampanua yakni PKM Tiwu,Kodeoha dan Katoi. Setelah masa liburan usai banyak abdi negara yang memperpanjang masa liburnya.

Dijelaskan politisi PKB itu, bahwa sidak yang dilakukannya untuk menanggapi banyak keluhanan masyarakat terkait pelayanan di PKM, karena sudah banyak antrian pasien”ada beberapa puskesmas yang banyak laporannya, sehingga saya berupaya untuk membuktikannya betul tidak,”katanya.

Dari tiga PKM yang di kunjungi Mantan Wakil ketua DPRD itu, PKM tiwu hanya satu Abdi Negara yang hadir, sehingga dirinyapun memanggil langsung Kepala Puskesmas (Kapus) di ruangannya untuk memberikan penjelasan terkait minimnya ASN yang hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Puskesmas Tiwu dari 20 Pegawainya hanya satu orang yang hadir, satu cuti 18 orang absen tanpa keterangan termasuk Kapusnya, sudah jam Delapan seperempat yang hadir Cuma satu orang, tadi saya bilang ke kapusnya bagaimana caranya kalau kapusnya juga agak-agak malas juga Puskesmas, saya minta ke kapus Tanya kepada teman-teman PNS kenapa alasanya sampai tidak hadir, mungkin ada ketinggalan very, kurang sehat karena begadang karena masih suasan tahun baru ataukah mungkin mereka berfikir tidak ada pelayanan saya tidak habis fikir cuma satu orang yang hadir,”katanya

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa di Puskesmas Kodeoha dari 25 ASN 15 orang hadir, di Puskesmas Katoi 35 ASN cuti 4 Orang, Sakit 2 Orang, tidak hadir 12 orang, Dinas Luar 3 Orang,”tadi para PNSnya saya absen satu-satu dan saya minta ke Kapus agar teman-teman PNS yang tidak hadir dibuatkan daftaranya kenapa sehingga tidak masuk,”Ujarnya.

Sidak di lakukan oleh Wakil Bupati Kolaka Utara hanya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat kolaka Utara sehingga tidak ada lagi keluhan terkait pelanyanan di bidang kesehatan apalagi pelayanan tingkat dasar, karena seorang ASN sudah memilki tanggung jawab yang harus dilaksanakan bukan hanya datang ceklok dan pulang.

“Semua kita lakukan agar pelayanan kesehatan di Kolaka Utara lebih baik lagi, dan kita akan memberikan sangsi teguran untuk PNS-PNS yang tidak hadir, jika masih saja dilakukan kita akan lekukan pembinaan bisa tidak naik pangkat, atau dicopot dari jabatanya,”terangnya.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa Sidak akan terus dilakukannya bukan hanya di lingkup PKM, namun di sekolah-sekolah bahkan di Organisasi perangkat Daerah (OPD) semua itu dilakukan untuk melakukan perbaikan pelayanan,”kita akan terus lakukan hal seperti ini untuk meningkatkan pelayanan,”Tandasnya.

 

Komentar