Tingkatkan Minat Baca Perpustakaan Kolaka Utara Giat Bentuk Perpustakaan Desa & Pojok Baca

Saat ini minimnya minat baca pada buku membuat Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kolaka Utara tertantang untuk meningkatkan minat baca buku pada para Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat umum dengan membentuk Perpustakaan Desa.

Seperti yang di ungkapkan Kabid pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca, Perpusda Kolaka Utara Rosmawati,S.Pd,M.Si, bahwa saat ini Perpustakaan desa di Kolaka Utara masih sangat minim ditambah kesadaran untuk membaca lewat buku sangat kurang.

Pengunjung Perpustakaan Daerah Kolaka Utara

“Saat ini Perpustakaan desa hanya ada Lima, yakni di Desa Sulaho, Pitulua, Lawata dan desa Sipakainge. saat ini kami juga akan membuat Perpustakaan percontohan yang ada di Desa Lambuno,”tuturnya.

Diapun menjelaskan bahwa kedepan sudah ada Peraturan Bupati (Perbup) tentang setiap desa harus mempunyai Perpustakaan desa apalagi Kata dia saat ini sudah ada MOU antara Kementerian Desa dan Perpustakaan Nasional dengan nomer 61/MOU/III/2018 “Kita berharap di setiap desa sudah terbentuk Perpustakaan desa, jadi anak-anak di desa bisa menjelajah lewat buku dan pastinya menambah pengetahuan serta punya karakter,”terangnya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa selain membuntuti Perpustakaan desa, pihaknya pun gencar membentuk pojok baca baik di sekolah maupun di cafe-cafe baca, Pasalnya saat ini minat baca memang tinggi namun daya baca, seperti membaca buku sangatlah minim, sehingga dengan adanya pojok baca di tempat-tempat tertentu akan menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung untuk mulai membaca buku.

“Kita saat ini juga tengah membuat pojok baca, dan kami memberikan bantuan kepada Cafe atau warkop yang menyediakan pojok baca, karena hal seperti ini patut kita apresiasi terhadap para anak muda yang peduli dengan dunia literasi,”tuturnya.

Kalau untuk program pengembangan minat baca buku kata dia, untuk program tahun 2020,pihaknya akan membentuk pengiat literasi, membentuk komunitas baca dan pemilihan duta baca “untuk perograma kedepan banyak program yang akan kami lakukan guna meningkatkan minat baca, sehingga para generasi kita menjadi generasi cerdas dan memiliki kemampuan intelektual yang berdaya saing,”Tandasnya

Komentar