TPP ASN Kolaka Utara Segera Cair Dalam Waktu Dekat

Tambahkan Penghasilan Pegawai (TPP) Kabupaten Kolaka Utara yang dijanjikan pemerintah daerah akan cair secepatnya, namun terpaksa harus tertunda dikarenakan menunggu balasan surat dari Dirjen keuangan namun akan segera dicairkan dalam waktu dekat ini.

Dikatakan Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas bahwa tidak ada niatan Pemda untuk menunda pembayaran tersebut namun karena adanya surat dari dirjen keuangan untuk meminta persetujuan pencairan maka Pemda mengikuti instruksi tersebut.

“TPP untuk tiga bulan ini akan segera dibayarkan untuk tahun 2021, TPP itu adalah hak teman-teman ASN dan itu menjadi piutang Pemda dan tahun 2022 akan menjadi prioritas untuk dibayarkan, setelah perubahan, TPP harusnya bulan itu sudah terbayarkan, namun karena adanya surat persetujuan dari Mendagri dan dalam waktu dekat, mungkin satu dua hari ini sudah cair,”Katanya.

Sementara itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Taupik,S bahwa sebelum penetapan itu, telah turun surat dari Mendagri yang menyatakan setiap daerah yang akan mencairkan TPP semester Kedua diharuskan lagi mendapatkan persetujuan dari Mendagri.

“Kami mengirim surat ke Mendagri, setelah mengirim surat ternyata ada surat yang harus kami lengkapi lagi, namanya surat pernyataan ketersediaan dana pembayaran Insentif tenaga kesehatan daerah dan kami buat lagi dan hari Selasa dikirim, kemudian mereka menyatakan bahwa satu dua hari akan ada dan kemarin kami konfirmasi suratnya sudah mendapatkan persetujuan dan ditandatangani,”tuturnya.

Namun diapun mengungkapkan bahwa ada sekitar dua Kecamatan yang mencairkan TPPnya, karena dua kecamatan tersebut mengurus dengan cepat,”Waktu itu setelah penetapan APBD perubahan, saya bilang pergimi cairkan, dan ada yang tanggap langsung mengurus pencarian sehingga dua kecamatan mencairkan TPPnya,”tuturnya.

Namun hal demikian kata dia bukanlah unsur kesengajaan “itu bukan kesengajaan mungkin karena saya sibuk sehingga lupa menyampaikan jangan cairkan, dan Insyaallah besok (Jumat) sudah ada, mudah-mudahan senin sudah ada direkening masing-masing”Tandasnya. [L]

Komentar