UMKM di Kolaka Utara Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Sebanyak 200 Usaha Menengah Kecil Menengah (UMKM) di Kolaka Utara dapat jatah sertivikat tanah gratis, namun sejak di umumkan sebulan lalu, hanya 27 UMKM yang melaporkan lokasinya untuk di sertivikatkan.

Dijelaskan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kolaka Utara Drs.Hasanuddin bahwa kegiatan tersebut dalam rangka program sertivikat hak atas tanah mandiri bagi UMKM bahwa pihaknya bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN)

“Sasaran kita adalah pelaku usaha mikro kecil dengan jenis usaha meliputi penjual makanan atau minuman, penjual asongan, penjual produk kerajinan, penjual barang olahan bekas, usaha penggilingan padi, Usaha Penjahit, Meubel, bengkel dan usaha pengolahan usaha mikro lainnya,”Ujarnya.

Diapun menyatakan bahwa syarat untuk mendapatkan sertifikat tanah usaha gratis yakni Fotocopy KTP, memiliki usaha mandiri produktif, Fotocopy nomer induk berusaha atau SITU/SIUP atau surat keterangan usaha dari desa atau kelurahan tempat usaha berdomisili,Surat pengantar masing-masing dari desa.

“Sejak awal tahun kita sudah surati Camat dan Desa tapi sampai sekarang baru 27 data yang masuk, kami tidak tau apa kendalanya”Tuturnya.

Diapun menyatakan bahwa lokasi usaha dan tanah yang mai di sertivikatkan boleh di tempat berbeda selagi masih lingkup Kabupaten Kolaka Utara” Usahanya boleh di Kecamatan Lasusua, Tapi tanahnya boleh di kecamatan lain, boleh lokasi perkebunan atau persawahan,”Katanya.

Diapun berharap kuota 200 UMKM dapat segera terpenuhi dan meminta keaktifan kepala desa untuk menghimbau masyarakatnya” kita harapkan kepala desa bisa memberikan informasi pada masyarakat,”Tandasnya.

Komentar