Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Kolaka Utara?

Sebanyak 2.760 dosis vaksin COVID-19 tiba di Kabupaten Kolaka Utara. Vaksin ini dijemput oleh Dinas Kesehatan Kolaka Utara, dengan pengawalan pihak kepolisian pada Rabu kemarin.

Selain vaksin, juga didistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan. Jumlah APD sebanyak 600 set.

APD dan vaksin ini disimpan di gudang UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Kolaka Utara. Vaksin terlihat disimpan di media khusus dengan temperatur suhu tertentu.

“Kalau vaksin ini sesuai prosedur memang haris disimpan di tempat dengan suhu tertentu,” ucap Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Karmila Akri, Kamis (28/1/2021).

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Irham mengatakan, untuk tahap pertama yang diprioritaskan untuk vaksinasi adalah tenaga kesehatan di seluruh wilayah Kolaka Utara.

“Ini untuk nakes tahap awal ini. Utamanya nakes yang di bagian pelayanan ya. Jadi mulai dari rumah sakit, sampai dengan puskesmas,” ucap Irham.

Vaksin yang disimpan di Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Kolaka Utara ini dijaga oleh pihak Polres Kolaka Utara selama 24 jam. Terlihat ada dua polisi yang bertugas di area UPTD tersebut.

Komentar