Warga Kolut Ini Raup Ratusan Juta Tiap Tahun Dari Durian, Tembus Pasar Nasional

Dimusim Durian Tahun ini Tahir (44) Warga Desa Saludongka yang miliki perkebunan di desa Lengkong Batu setiap musim durianya meraup ratusan juta dari kebun durian miliknya yang seluas 3 Hektar.

Seperti yang diungkapkannya saat di temui di kebun miliknya Minggu (26/6/2022) bahwa 7 tahun lalu dirinya memutuskan menanam durian jenis otong emas karna perawatannya cukup simple dan harganya cukup tinggi dipasaran.


“Sudah sekitar 5 tahun ini sudah mulai panen durian dan Alhamdulillah hasilnya bagus, kalau harga sekarang itu sekitar 23.000/Kg kalau yang mengkal, kalau masak 30.000/kg,”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa selama musim panen ini dirinya sudah menjual hasil kebunnya ke Sulawesi Selatan, Pulau Jawa Hingga Kalimantan sebanyak 15 ton sudah dihasilkan dari kebunnya tersebut.


“Penjualan itu sampai ke Kalimantan, Makassar dan hari ini kita mengirim ke Jakarta, kalau yang dijual keluar daerah itu sekitaran 10 Ton, kalau digabung yang dijual di wilayah Kolaka Utara dan untuk dimakan dan dibagikan ke keluarga dan kerabat itu sekitar 15 ton semuanya”Tuturnya.

Dari April Hingga Juni bulan ini dirinya sudah mendapatkan kurang lebih Rp.150.000.000 dari hasil peluhnya itu, selain untuk dijual dirinya pun dengan ramah memanggil keluarga hingga kerabatnya.” Alhamdulillah sudah ada juga dijual ada juga dimakan bersama keluarga,”tuturnya.

Kedepannya kebun miliknya tersebut akan dijadikan wisata Agro, masyarakat bisa datang makan durian sepuasnya cukup dengan bayar uang masuk saja nantinya,”kit harap ada dukungan pemerintah, semoga bisa terwujud menjadi tempat wisata agro,”Tandasnya.

Komentar