Meski Manfaatnya Besar, Warga Kolut Yang Mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) Masih Minim. Ini Datanya

Kartu Identitas Anak (KIA) saat ini menjadi hal penting untuk untuk melengkapi identitas anak, namun di Kolaka Utara kesadaran warga masih kurang untuk mengurus KIA di kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara.

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara Drs.Buhari yang ditemui di ruangannya pada Rabu (4/10/2020) bahwa saat ini berdasarkan target nasional untuk pengurusan KIA sekitar 20 Persen sementara Kolaka Utara masih sekitar 11 Persen.

“target nasional 20 Persen dari jumlah anak Kolaka Utara, kalau anak di Kolaka Utara berdasarkan data 40,867 dan yang telah memiliki KIA 4,776 anak, jadi belum memiliki KIA 36,091, jadi kita masih 11,16 Persen,”Katanya.

Lebih lanjut Drs. Buhari menuturkan bahwa sebelumnya warga Kolaka Utara sangat minim yang mengurus KIA namun di tahun 2020 warga Kolaka Utara mulai aktif mengurus KIA, pasalnya meski KIA tidak wajib bagi anak namun sangat penting bagi anak.

“Pengurusan KIA itu tidak ribet angka 0 Bulan sampai 5 Tahun itu tanpa foto cukup melampirkan Fotocopy Kartu Keluarga dan Akta kelahiran, tidak bisa datang langsung bisa mengurus online, tinggal foto dan kirim berkasnya, Kalau sudah jadi tinggal di jemput kalau berkas lengkap cukup 1 Jam sudah jadi,”Tuturnya.

KIA kata dia kegunaannya sama dengan KTP Secara umum, Menurut Permendagri nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak.

Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk.
“KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. Jadi kalau anak ingin ikut perjalanan jauh seperti naik pesawat tidak perlu bawa KK cukup KIA saja,”Katanya.

Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara saat ini juga tengah fokus melakukan sosialisasi ke sekolah dan kecamatan untuk anak dibawah usia 17 tahun untuk membuat KIA, ”Kita harap makin banyak anak Kolaka Utara membuat KIA dan mendapatkan banyak kemudahannya,”Tandasnya. (L)

Komentar