25.1 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Warga Pasampang Dapat Dua Unit Bantuan Mesin Pemotong Padi Combine

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Bupati Kolaka Utara Panriringi menyerahkan langsung bantuan dua unit mesin pemotong padi Combine pada masyarakat desa Pasampang Kecamatan Pakue Tengah, Kabupaten Kolaka Utara,Senin (19/12/2022)

Penyerahan bantuan alat pemotong padi tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam memanen hasil sawahnya, pasalnya kedua alat tersebut selain memotong padi juga langsung memisahkan batang dan gabah padi, sehingga dalam satu hektar sawah nya butuh waktu satu jam dalam memanen.

Pejabat Bupati Kolaka Utara bersama anggota DPRD dan Kepala OPD meninjau langsung persawahan di Desa Pasampang.

Bantuan tersebut adalah dari bantuan kementerian pertanian dan merupakan aspirasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kolaka Utara dlalam penyerahan bantuan tersebut Bupati Kolaka Utara di dampingi Anggota DPRD dari Fraksi PKB Muhammad Syair.

Dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan bahwa dalam satu hektar sawah mampu menghasilkan beras sekitar 4 ton dan kebutuhan beras masyarakat kolaka utara dalam setahun membutuhkan 4900 ton.

”Kebutuhan beras kita dalam setahun 4.900 ton, hasil produksinya kita, ketika konsisten dalam persawahan tiga kali dalam setahun bisa 6.400 ton jadi masih ada saldo 1.500 ton, namun kendala saat ini petani hanya menanam sekali dalam setahun, jika petani mampu menanam tiga kali, kebutuhan beras kolaka Utara bisa terpenuhi”Jelasnya.

penyerahan secara simbolis bantuan mesin pasca panen Combine pada masyarakat Desa Pasampang.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Kolaka Utara dari partai PKB Muhammad Syair menjelaskan bahwa kendala para petani yang belum bisa menanam sekali dalam setahun itu bisa dicarikan solusi bersama antar legislatif dan eksekutif.

“Mengambil langkah untuk menentukan kebijakan dalam rangka percepatan penanaman padi, kalau hari ini hanya sekali kita upayakan kedepannya bisa tiga kali, masyarakat tidak lagi berfikir bagaimana penjualan, pemasaran tugasnya hanya bertani saja,”Katanya.

Sementara itu Pejabat Bupati Kolaka Utara Panriringi menjelaskan dalam percepatan produk pertanian masyarakat pihaknya akan membentuk tim terpadu percepatan produksi pertanian masyarakat kolaka utara, sehingga hasil pertanian kedepannya bisa lebih maksimal.

“Dari 15 kecamatan yang ada di Kolaka Utara pendekatan kecamatan itu berbeda ada kluster pertanian  ada cengkeh, perikanan dan lainnya dan inilah nantinya akan menjadi diskusi kita bersama untuk pemberian bantuan yang dimaksud, sehingga semua keinginan masyarakat bisa kita penuhi sesuai dengan kebutuhannya dan kita akan membentuk tim terpadu percepatan pertanian,”Jelasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img