Badan Usaha Milik Desa Mekar Abadi Desa Jabal Kubis Merambah Usaha Warung Kopi

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Abadi Desa jabal kubis Kecamatan kodeoha melirik potensi Bisnis rumah kopi untuk dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mendapatkan sumber Pendapatan Asli Desa dan sekaligus untuk pemberdayaan dan peningkatan kegiatan perekonomian di desa.

Tepat pada 01 juni 2018 malam usai shoalat tarawih, warung kopi tersebut resmi di buka secara komersil. Warung kopi (warkop) ini difasilitasi wifi/internet gratis dan sebagai permulaan, berbagai minuman aneka rasa kopi di sediakan bagi pengunjung.

Usaha warkop ini merupakan perkembangan usaha Bumdes. Sejak berdiri 2015 dan efektif tahun 2016. Usaha pertama berupa bisnis keuangan dimana Bumdes mendapatkan alokasi dana Rp. 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah) untuk modal awal usahanya dan masyarakat bisa mengajukan permohonan kredit.

Menurut Direktur Bumdes Mekar Abadi (A. Harmonis, ST) usaha warkop ini merupakan langka awal pengembangan usaha dan kedepan kita juga akan buka usaha pertanian berupa penyediaan aneka pupuk, racun dan obat-obatan untuk tanaman,” setelah pengembangan usaha warkop ini rencana kedepan adalah usaha bidang pertanian namun formulasi usahanya masih kami cari supaya epektif,” ungkapnya.

Usaha warkop ini sebenarnya alokasi anggaran tahun 2017 dimana kita memdapatkan dana sebesar Rp. 45.000.000 (Empat puluh lima juta rupiah) dengan anggaran itu kami gunakan untuk membangun warkop ini dan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Harapan A.Harmonis “semua program Bumdes dapat terealisasi sebaik mungkin sehingga apa yang menjadi target dapa tercapai sesuai perencanaan”. (A. Julham efendi | Admin desa Jabal Kubis)

Komentar