Hemat Anggaran Dikbud Kolaka Utara Siapkan Aplikasi Simasneg

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka utara mengadakan aplikasi Sistem informasi Aparatur Sipil Negara (Sismasneg) yang dirancang untuk penignkatan produktifitas pelaporan data dan penghematan anggaran hingga 40%, pasalnya aplikasi tersebut mempermudah pekerjaan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Dikbud, dan pada Satu Januari 2018 mendatang Aplikasi tersebut sudah bisa digunakan karena sudah rampung.

Seperti yang diterangkan Sekrtaris Dikbud Kolaka Utara Hasanuddin bahwa dengan aplikasi Simasneg laporan sekolah serta data-data guru sudah bisa terdata dengan baik dan dapat di akses 24 jam dari mana saja.

“Dengan adanya Aplikasi Simasneg ini kita menghemat anggaran sampai 40 Persen dan bisa menghemat waktu , karena biaya untuk ATK itu cukup tinggi serta anggaran perjalan dinas dari kecamatan dan desa ke Ibu Kota Kabupaten cukup tinggi, semuanya sudah sistem online”ujarnya. Usai membuka kegiatan pelatihan sismaneg di salah satu hotel di Lasusua yang di ikuti oleh 135 peserta.

Selain itu kata dia Aplikasi tersebut akan digunakan untuk pelaporan termasuk surat pihak sekolah,”Dalam aplikasi ini juga surat dan pendataan semuanya sudah melaui aplikasi, jadi kalau mereka mau bawa laporan sudah tidak perlu datang di kantor lagi, cukup di daerah mereka masing-masing”katanya.

Karena selama ini kata dia para guru membawa laporanya ke kantor Dikbud di Ibu Kota Kabupaten di Lasusua yang membutuhkan waktu sehingga para guru meninggalkan kewajiabnnya di sekolah,”kalau sekarang kan mereka mau bawa laporan itu harus datang ke kantor sementara kewajiban di sekolah ditinggalkan, mana lagi kalau di jalan dia kecelakaan,”terangnya.

 

Dikatakannya bahwa dalam aplikasi data guru mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga SLTP sudah dapat diketahui jumlah guru sesuai dengan umur, pendidikan jenis kelamin serta dengan aplikasi tersebut kinera ASN sudah bisa di ketahui.

“Aplikasi ini memudahkan kita mendata ASN serta dapat melihat kinerja ASN di sekolah-sekolah serta aset daerah dilingkup dikbud dapat terdata dengan baik,”jelasnya.

Selain kata dia pelatihan Sismasneg ini di gelar selama dua hari 11 hingga 12 desember,”peserta kita bagi dua kelompok yakni di hari pertama dan kedua, dan di ikuti para oprator dari seluruh sekolah sekabupaten Kolaka Utara” Tandasnya.

Komentar