Penjemputan Jemaah Haji Di Kolaka Utara Dua Kali, Ini Sebabnya

Tahun ini penjemputan Jemaah Haji di Kolaka Utara berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya Jemaah Haji Kolaka Utara akan dijemput selama dua Kali, karena kedatangan jemaah haji tersebut ditanggal yang berbeda dengan tiga Kloter.

Seperti di Ketahui Jumlah jemaah haji Kolaka Utara yang tergabung dalam Tiga kloter yakni kloter 25 sebanyak 3 orang akan menginjakkan kakinya di Tanah air pada 5 September, Kloter 26 sebanyak 137 orang akan tiba pada tanggal 6, kloter 28 sebanyak 35 orang tiba pada 7 September mendatang.

Dengan jadwal kedatangan yang berbeda Pemerintah Daerah Kolaka Utara merencanakan dua kali penjemputan yakni Jemaah Haji kloter 25 dan 26 akan tiba dan bumi Patampanua pada 7 September mendatang dan dilakukan penjemputan di Pelabuhan Tobaku dan diterima langsung oleh Pemerintah Daerah Kolaka Utara. Sementara pada Kloter 28 akan tiba pada 8 September  di pelabuhan Katoi di lakukan penjemputan namun tidak dengan acara secara seremonial lagi.

“Penjemputan kita selama dua hari, hanya saja penjemputan pertama dilakukan secara seremonial oleh pemerintah Daerah Kolaka Utara, sementara penjemputan kedua tetap dilakukan penjemputan namun tidak dilakukan secara seremonial,”Ujar Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas saat memimpin Rapat penjumputan Jemaah Haji Senin (26/8).

Sementara di Katakan Kepala Kementerian Agama Kolaka Utara Drs.Baharuddin bahwa pemberangkatan panitia lokal juga bertahap mulai dari tanggal Tiga dan Tanggal Lima September, dan para Panitia akan bertemu di Asrama haji pada saat Jemaah akan kembali di Kolaka Utara.

“Dari Kementerian Agama kami akan berangkat pada Tanggal Tiga September untuk menjemput jemaah haji yang akan Kembali pada Tanggal 6 September, Sementara yang berangkat tanggal 5 akan kembali pada tanggal 8 Septermber,”Katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa jemaah Haji Kolaka Utara sebelumnya berjumlah 176 orang, namun yang akan kembali hanya 175 orang, karena 1 orang jemaah Haji Kolaka Utara yang masuk dalam  kloter 26 itu meninggal dunia,”Kloter 26 sebelumnya sebanyak 137 orang, kembali 136 orang, satu orang jemaah haji kita Meninggal Dunia,”Tandasnya

Komentar