25.3 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

TPID Kolaka Utara Cek Harga Pangan Jelang Idul Fitri

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Jumat (14/04/2023), Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kolaka Utara telah melakukan pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok serta barang penting lainnya di pasar, distributor dan swalayan di wilayah Kota Lasusua Kolaka Utara. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 M.

Kabupaten Kolaka Utara merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap kenaikan harga komoditas bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, TPID Kabupaten Kolaka Utara mengambil langkah cepat dengan melakukan pemantauan harga dan stok barang secara terpadu.

Dalam kegiatan tersebut, TPID Kabupaten Kolaka Utara mengumpulkan data terkait harga dan stok barang kebutuhan pokok dan penting lainnya seperti beras, gula, minyak goreng, telur, ayam, daging, dan sayuran.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kolaka Utara, Ahdan Alwi, mengatakan bahwa kegiatan pemantauan harga dan stok barang ini akan terus dilakukan secara rutin untuk memastikan stabilitas harga komoditas dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di wilayah tersebut. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying dan tetap membeli barang kebutuhan pokok sesuai dengan kebutuhan masing-masing, sehingga dapat membantu menjaga stabilitas harga di pasar.

“Harga selama ramadhan ini naik turun, menjelang lebaran ada beberapa harga mulai naik dan ada juga yang turun, ” Ujarnya.

Sementara harga yang mulai mengalami kenaikan ada cabe. Cabe merah dari harga 30.000/kg naik jadi 40.000/kg begitupun cabe merah dan cabe rawit.

“Kalau harga cabe di pasar itu cabe merah dari harga 30.000/kg, naik 45.000/kg sekarang turun lagi Rp. 35.000/kg, Cabe Kriting dari harga 35.000 naik 45.000 sekarang turun 40.000/kg, Cabe Rawit dari 40.000 turun jadi 30.000/kg.

Sementara harga beras yang mengalami kenaikan dari harga Rp. 10.000/liter naik menjadi Rp. 11.800 per liternya. ” Kami akan selalu melakukan pemantauan harga selama ramadhan dan untuk memastikan ketersediaan stock tersedia jelang idul fitri, “Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img