Pengkaderan dan Pelatihan Dasar UKS Siswa MTs Negeri 1 Kolaka Utara

Sebanyak 35 peserta yang terdiri atas siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX MTs Negeri 1 Kolaka Utara (Kolut) dengan antusias mengikuti Pengkaderan dan Pelatihan UKS yang digelar selama 2 hari, 14 dan 15 September 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Multimedia MTsN 1 Kolut ini diisi oleh pemateri pakar kesehatan yaitu dokter dan perawat dari Puskesmas Kecamatan Lasusua.

Menurut Kepala MTsN 1 Kolut, Sarajuddin Silapa sebagai penggagas kegiatan ini, Tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader UKS dalam melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di lingklungan MTsN 1 Kolut.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Kader UKS dapat lebih berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan UKS di sekolah”, ujarnya

Sarajuddin menambahkan bahwa Generasi yang sehat, cerdas, dan kuat terbentuk apabila lingkungan tumbuh kembangnya sehat dan bersih. Hal inilah yang menjadikan peran UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) untuk menjadi sarana mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Selain itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS dan siswa – siswi mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, keluarga, dan orang lain untuk hidup sehat,” harap Sarajuddin.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah:

(1) Pembinaan UKS Secara Umum (Rasmiati, AMKG), (2) PHBS (dr. Indrayana, S.Kep., Ners), (3) Penjaringan Kesehatan Anak sekolah (dr. Yuliana, (4) Kesehatan Lingkungan Sekolah (Rasmiati, AMKG), (5) P3K (dr. Yuliana), (6) Mengukur Tanda-Tanda Vital (dr. Indrayana, S.Kep., Ners, (7) Games (Panitia).

Semua Materi tidak hanya diberikan secara teori namun juga diberikan contoh kasus dan praktikum untuk lebih menguatkan daya penerimaan materi bagi para peserta misalnya: praktek P3K dan penyuluhan sederhana.


Sumber : Supriati, S.Pd.
Penulis : SUPRIATI, S.Pd./MTsN 1 Kolaka Utara
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd

Komentar